Program Studi Desain Produk (S1)

PROGRAM STUDI DESAIN PRODUK (S1)


Visi:

Menjadi program studi desain produk berwawasan‘teknopreneur’dengan kekhususan pada pengembangan produk kreatif berbasis budaya dan sumberdaya alam Indonesia dalam rangka mendukung pertumbuhanindustri kreatif nasional yang berdaya saing.

Keunggulan:

  1. Fokus pada pengembangan desain produk yang inovatif untuk pengembangan industri pangan
  2. Proses pembelajaran mengarahkan mahasiswa pada kemampuan teknopreneur
  3. Desain pembelajaran berbasis tim (team based learning)
  4. Program studi didesain sebagai bagian dari pengembangan industri kreatif di Indonesia
  5. Benchmarking Kurikulum pada Program Studi Desain Produk FDSR ITB, bekerjasama dengan ITB

 

Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1)

PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (S1)


Visi:

Menjadi program studi desain komunikasi visual “teknopreneur” dengan kekhususan bidang TV Ad dan Branding yang mengusung konten budaya dan sumber daya alam Indonesia dalam rangka mendukung pertumbuhan industry kreatif di Indonesia.

Keunggulan:

 

  1. Pengembangan program studi difokuskan pada bidang advertising dan multimedia
  2. Proses pembelajaran mengarahkan mahasiswa pada kemampuan teknopreneur
  3. Desain pembelajaran berbasis tim (team based learning)
  4. Program studi didesain sebagai bagian dari pengembangan industri kreatif di Indonesia
  5. Benchmarking Kurikulum pada Program Studi Desain Komunikasi Visual FDSR ITB, bekerjasama dengan ITB

Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (S1)

Gelar yang diberikan (S.Pd)


DESKRIPSI SINGKAT
 
Program studi pendidikan guru sekolah dasar mampu menjadi komunitas cendekiawan yang mengabdi dengan keunggulan technopreneurship yang bermanfaat bagi masyarakat berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Universitas Trilogi mendesain PGSD dengan rancangan kurikulum dan program kegiatan perkuliahan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dalam pengajaran, penelitian yang unggul, inovatif, profesional, berkualitas dan membangun mitra stakeholder dengan keunggulan technopreneur, kolaborasi dan kemandirian. Dengan komitmennya PRODI Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki peranan yang sangat penting dalam menghadapi  dan menjawab isu terkait dengan pengembangan  Pendidikan Dasar, dengan memuncukan matakuliah penciri PRODI PGSD : Pengembangan Teknopreneur di SD, Pengembangan Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD. Dengan demikian pendidikan Guru Sekolah dasar memiliki peluang dan kekuatan dalam meningkatkan kompetensi dan keahlian generasi masa depan dalam bidang Pendidikan Dasar.
 
VISI
Menjadi salah satu PRODI PGSD yang unggul, inovatif dan terdepan sebagai penghasil tenaga pendidik profesional berlandaskan nilai pancasila dengan keunggulan teknopreuneur, Kolaborasi dan kemandirin di tahun 2027
 
MISI
  1. Mensinergikan sikap unggul dan inovatif untuk menanggapi perkembangan pendidikan dasar.
  2. Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat pada lingkungan pendidikan dasar yang profesional dan berkualitas.
  3. Menanamkan nilai-nilai pancasila dengan mengaitkan seluruh matakuliah PRODI PGSD kedalam setiap butir nilai pancasila.
  4. Menyelenggarakan kegiatan akademik yang berlandaskan pada teknopreneur, kolaborasi dan kemandirian.
  5. Menjadi stakeholder dalam pengembangan tenaga pendidik melalui kolaborasi pendidikan dan pelatihan dalam mewujudkan TRIDARMA perguruan tinggi.

PROFIL LULUSAN
Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki keahlian sebagai:
  1. Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi   dan mengembangkan pendidikan berdasarkan keilmuan, wawasan, pengetahuan, dan motivasi dalam hal teknopreneur, kolaborasi, dan kemandirian berlandaskan nilai pancasila yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji seperti Pengembangan Teknopreneur di SD, Pengembangan Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD, dan Public Speaking di SD untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi Pendidikan di SD yang dapat mengembangkan dan mengelola pendidikan yang berperan sebagai konsultan pendidikan,  pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar.

KOMPETENSI PROGRAM STUDI
Komptensi Utama
  1. Memiliki jiwa dengan katakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan.
  2. Memahami karakteristik peserta didik usia Sekolah Dasar.
  3. Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat untuk menetapkan kebutuhan belajar anak usia Sekolah Dasar berlandaskan nilai pancasila.
  4. Memahami cara belajar dan kesulitan belajar anak usia Sekolah Dasar dalam menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
  5. Menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PKn).
  6. Menguasai dasar-dasar materi kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan bagi peserta didik Sekolah Dasar.
  7. Menguasi dan melakukan pembelajaran yang mendidik aktif dan inovatif dalam mendesain setiap peroses pembelajaran.
  8. Mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn) secara kreatif dan inovatif.
  9. Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan.
  10. Mampu meningkatkan inovasi pembelajaran melalui penelitian.
  11. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi untuk mengembangkan diri.
  12. Mampu berbahasa Inggris secara aktif.
  13. Mampu mengaplikasikan statistik dalam bidang pendidikan.
 
KOMPETENSI PENDUKUNG
  1. Memiliki kemampuan secara teoretis dan praktis pada mata pelajaran yang diampu
  2. Memiliki kebiasaan dengan menerapkan nilai pancasila untuk menunjang perkembangan profesi.
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial, dan profesional dengan lingkungan sejawat maupun masyarakat.
  4. Memiliki kesadaran tinggi sebagai warga masyarakat, bangsa dan negara yang dengan menerapkan nilai-nilai pancasila.
  5. Memiliki kemandirian dan beretos kerja tinggi.
  6. Memiliki keperibadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas, dan terampil serta sehat jasmani dan rohani”.
KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN
  1. Menguasai substansi dan metodologi dasar pengembangan Humor dalam mendesain peroses pembelajaran.
  2. Menguasai dan dapat mengaplikasikan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pengembangan pembelajaran.
  3. Mampu mengembangkan dan mentransfer skill Kesenian  untuk melatih siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler.
  4. Mampu menerapkan pengembangan Teknopreneur dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan di Sekolah Dasar.

KEGIATAN MAHASISWA
Program Studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berfokus pada kegiatan pembelajaran untuk membentuk jiwa mendidik dengan berlandaskan teknopreneur, kolaborasi/kerjasama dan kemandirian. Kegiatan mahasiswa difokuskan pada penerapan softskill dan hardskill dalam menghadapi  dan menjawab isu terkait dengan pengembangan  Pendidikan Dasar dengan keunggulan pengembangan Teknopreneur di SD, Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD, dan Public Speaking di SD. Dengan demikian kegiatan mahasiswa dalam matakuliah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian generasi masa depan dalam bidang Pendidikan Dasar. 
 

FOTO KEGIATAN PRODI PGSD
 

 

Profil Dosen PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
 

Program Studi Sistem Informasi (S1)

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI (S1)


Visi:
Menjadi Program Studi teknopreneur terkemuka di Indonesia dalam bidang Sistem Informasi.

Keunggulan:

  1. Fokus dalam pemanfaatan sistem informasi untuk menunjang kesusksesan organisasi
  2. Desain pembelajaran berbasis tim (team based learning)
  3. Proses pembelajaran mengarahkan mahasiswa pada kemampuan teknopreneur
  4. Adanya integrasi antara soft skill dan hard skill dalam pencapaian proses pembelajaran
  5. Benchmarking Kurikulum pada Program Studi Sistem Informasi STEI ITB, bekerja sama dengan ITB


STAFF PENGAJAR

 

 

Studi Pendidikan Guru - Pendidikan Anak Usia Dini

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU- PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (S1)
 

Visi
Menjadi program studi pg-paud yang inovatif dengan mengembangkan pendidik profesional, berkualitas, kreatif, berkarakter budaya indonesia dengan keunggulan teknopreuneur, kolaborasi dan kemandirian.
 
Misi
  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian  masyarakat pada lingkungan anak        usia dini yang profesional dan berkualitas.
  2. Mengembangkan sikap inovatif dan kreatif.
  3. Menanamkan karakter budaya indonesia melalui pengenalan nilai-nilai budaya lokal yang disatukan      dalam budaya ke-indonesia-an dan dikembangkan ke budaya global. menyelenggarakan kegiatan        akademik yang berlandaskan pada teknopreneur, kolaborasi dan kemandirian.
Kompetensi Program Studi
Program studi pg-paud universitas trilogi dalam rangka mendukung pengembangan sdm di tanah air dan menumbuhkan semangat kompetensi berupaya untuk: 
  1. Menghasilkan sdm dalam bidang pendidikan dan keguruan yaitu mampu menjadi pendidik anak       usia dini yang  profesional di tingkat regional, nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan sdm dalam bidang pendidikan dan penelitian yaitu mampu mengadakan penelitian     dan riset, mengembangkan ilmu paud melalui kerjasama penelitian, pengembangan dan promosi     bersama industri, institusi riset dan/atau instansi terkait.
  3. Menghasilkan sdm dalam bidang enterperneur paud yaitu mampu mendirikan, mengelola, dan         mengembangkan usaha di bidang pendidikan dan pelatihan guru anak usia dini.  
  4. Menghasilkan sdm dalam bidang pelayanan masayarakat dan konsultasi pendidikan anak                 usia dini yaitu mampu menangani, dan mengalisis permasalahan anak usia dini