Tutorial Atur Ukuran di Figma yang Ben

dbltoto – Figma adalah salah satu perangkat lunak desain vektor yang populer dan canggih, memungkinkan penggunanya untuk membuat dan mengedit desain dengan mudah. Salah satu aspek penting dalam proses desain adalah mengatur ukuran objek dengan presisi. Dalam tutorial ini, kami akan menjelaskan cara mengatur ukuran di Figma dengan berbagai metode.

Properti Ukuran di Figma

Properti ukuran terdiri dari Lebar (W) dan Tinggi (H). Kedua properti ini terletak setelah properti Posisi di bagian atas panel Properties. Anda bisa memilih objek dan menyeret area sudut untuk menambah atau mengurangi ukurannya, atau Anda bisa memasukkan nilai lebar dan tinggi (dalam Pixel) untuk mengubah ukurannya secara lebih tepat. Selain itu, dengan mengarahkan kursor ke bidang input Lebar (W) dan Tinggi (H), Anda bisa menggeser ke kanan atau ke kiri untuk menambah atau mengurangi ukuran.

Mengatur Ukuran Objek

  • Pertama, tekan tombol ‘R’ pada keyboard Anda, atau pilih Rectangle tool (alat bantu Persegi Panjang) dari panel Tool, dan buat persegi panjang pada kanvas Anda. Pastikan alat Pindahkandipilih agar Anda dapat mengubah ukuran objek dengan bebas.
  • Setelah Anda membuat objek, arahkan kursor ke bidang input Lebar (W) dan Tinggi (H) pada panel Properties.
  • Menggeser kursor ke kanan akan menambah ukuran objek, sementara menggesernya ke kiri akan memperkecil ukurannya. Dengan begitu, Anda dapat mengatur ukuran objek dengan presisi sesuai kebutuhan.

Mengaktifkan Constraint Proportions (Batasan Proporsi)

Penting untuk diperhatikan bahwa di Figma, ada fitur Constraint Proportions yang sangat berguna ketika Anda ingin mengubah ukuran objek secara proporsional. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mudah.

  • Pilih objek yang ingin Anda ubah ukurannya.
  • Di panel Properties, periksa kotak Constraint Proportions (Batasan Proporsi). Ketika kotak ini diaktifkan, perubahan ukuran yang Anda lakukan akan berlaku secara proporsional. Artinya, jika Anda menambah atau mengurangi ukuran dalam satu arah, ukuran objek secara keseluruhan akan berubah sesuai proporsi yang telah ditentukan sebelumnya.

Kesimpulan

Mengatur ukuran objek dengan presisi sangat penting dalam proses desain di Figma. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara mengatur ukuran objek menggunakan properti Lebar (W) dan Tinggi (H) di Figma. Selain itu, Anda juga telah mengetahui cara menggunakan Constraint Proportions (Batasan Proporsi) untuk mengubah ukuran objek secara proporsional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

toto23 login situs ying77 slot gacor https://ladang.smkn1cianjur.sch.id/ https://slot88.smkn1cianjur.sch.id/ https://idn.smkn1cianjur.sch.id/ slot777